Tuesday 2 June 2015

Sejarah Bitcoin


Sejarah Bitcoin 

Mata uang digital Bitcoin ditemukan pada tahun 2009 oleh seorang programmer yang bernama samaran Satoshi Nakamoto, namun penggunaan bitcoim baru populer menjelang akhir tahun ini.
Identitas sebenarnya dari Satoshi masih menjadi sebuah misteri walaupun penemu bitcoin Satoshi Nakamoto. Apakah dia orang Jepang asli pun diragukan, namun satu hal yang sudah pasti dia adalah penemu skema bitcoin yang sekarang menjadi perhatian seluruh bank-bank sentral di seluruh dunia.
Butuh waktu empat tahun bagi bitcoin untuk bisa diterima oleh masyarakat. Oscar Darmawan, co-founder situs jual-beli bitcoin www.bitcoin.co.id menjelaskan, penggunaan bitcoin baru mulai marak pada awal 2013, berawal dari sebuah negara kecil di benua Eropa bernama Siprus.
“Di awal 2013, sekitar bulan Januari, Siprus dilanda sebuah krisis. Penduduk di sana kehilangan kepercayaan terhadap mata uang negara mereka akibat inflasi. Orang-orang ramai-ramai menukarkan mata uang mereka dengan bitcoin,
Oscar mengatakan akibat Siprus, nilai 1 bitcoin melonjak dari US$11 per 1 btc di akhir 2012 menjadi US$200. Setelah kondisi perekonomian Siprus stabil di bulan Maret 2013, nilai bitcoin menjadi stabil di kisaran US$60.



“Pada bulan November lalu, nilai tukar bitcoin melonjak hampir US$ 300 dolar. Investor-investor dari Tiongkok pun mulai melirik mata uang bitcoin. Jutaan yuan dibelikan bitcoin melalui BTC China (perusahaan jual beli bitcoin dari Tiongkok),” ujar Oscar.
Nilai bitcoin terus melonjak ke kisaran US$700. Pada  12 November 2013, Gubernur Bank Sentral AS Ben Bernanke mengeluarkan pernyataan terkait bitcoin. Dia mengatakan bahwa bitcoin berpotensi menjadi alat pencucian uang tapi juga mempunyai prospek sebagai alat tukar yang lebih efisien dari mata uang konvensional.
“Pada tanggal 30 November, nilai bitcoin mencapai US$1.200 dan nilai transaksi di Tiongkok mulai mencapai Rp 1 triliun per harinya,” ujar Oscar.
“Hal ini membuat Bank Sentral Tiongkok merasa perlu turun tangan, sehingga pada tanggal 5 Desember 2013, bank sentral Tiongkok melarang institusi keuangan dan perbankan melakukan transaksi keuangan terkait bitcoin karena mata uang digital tersebut tidak memiliki payung hukum,” tambahnya.
Pemerintah Tiongkok sendiri tidak melarang peredaran bitcoin. Namun, resiko ditanggung masing-masing. Walhasil, nilai bitcoin turun hingga setengahnya ke level US$500 - US$600.
“Apa yang terjadi adalah panic selling karena orang-orang berpikir bitcoin di Tiongkok dilarang. Padahal masih boleh, hanya saja tidak dilindungi oleh bank sentral dan tidak bisa menggunakan yuan,” ujar Oscar.
Panik mereda, dan bitcoin kini mulai naik kembali ke angka US$740 per 1 btc pada 20 Desember 2013.
Oscar menambahkan bahwa Tiongkok adalah pasar terbesar bitcoin. Sebanyak 50 % pangsa pasar bitcoin ada di Tiongkok. Lalu diikuti oleh AS dengan pangsa pasar 35 %.
“Negara lain seperti negara-negara di Eropa dan Indonesia hanya 1 persen atau kurang,” ujarnya.
Menurut situs Mt. Gox, hingga saat ini, software bitcoin sudah mengeluarkan 12.150.600 btc, dengan nilai saat ini nyaris mencapai US$ 9 miliar.

sejarhnya kita udah tau kalau mau lebih faham bitcoin kita pelajari lagi apa itu bitcoin, kita juga bisa cari bitcoin dengan gratis, atau deposit bitcoin jika modal kecil juga tips deposi juga mining bitcoin untuk yang punya modal besar ^_^ , tapi kita pelajari dulu apa itu mining bitcoin, atau kita cari uang di Internet dengan gratis 
gabung juga grupnya BTC AND PTC
sumber :
http://www.beritasatu.com/investasi-portofolio/156781-sejarah-bitcoin-berawal-dari-siprus-populer-di-tiongkok.html


1 comment:

  1. Penawaran menarik untuk mendapatkan FasaPay dengan kurs Rp 13.900

    Biaya saat ini untuk USD / IDR 13.650, Unichange menawarkan kurs 13900 IDR

    Anda dapat menukar FasaPay USD, Bitcoin, litecoin, BTC-e, Perfect Money USD, USD OKPAY ke FasaPay IDR dengan kurs 13900 IDR untuk 1 USD pada layanan Unichange.me.

    Anda dapat melakukan order dengan arahan berikut ini :

    FasaPay USD ke FasaPay IDR
    Bitcoin ke FasaPay IDR
    Litecoin ke FasaPay IDR
    Kode BTC-e USD ke FasaPay IDR
    Perfect Money ke FasaPay IDR
    OKPAY ke FasaPay IDR

    Jika Anda mempunyai pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi tim dukungan kami untuk informasi lebih lanjut.

    ReplyDelete

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com